Monday, 20 January 2014

First Day In Holland

19:10 Posted by tyas wirani , 2 comments
hallo! greetings from Holland! kemarin pagi akhirnya aku dan teman-teman mendarat di Bandara Schiphol dengan selamat. senangnyaa hha. pas nyampe Schiphol, kami dijemput perwakilan universitas dan kakak angkatan batch 4. suhu udaranya 6°C, tapi kata Mbak Cici ini dinginnya belum seberapa karena angin engga berhembus kencang. suhu 6°C kalo anginnya 30 juga sama aja kaya suhu bawah katanya.

banyak hal-hal yang bedaa banget dengan kebiasaan di Indonesia. Belanda masih terpengaruh Inggris, jadi kalo jalan di sebelah kanan dan posisi sopir di sebelah kiri. kemarin pas mau ke kos, aku, Mita, dan Tata naik taksi bareng. karena seat di belakang uda dipake Mita Tata, aku duduk di depan. begonya aku mau masuk dari kiri wkwkwk. maklum belum kebiasa.

selama perjalanan ke Utrecht, aku lihat ada sawah dan kincir angin di pinggir jalan. jadi ya, bagi yang berpikir Utrecht itu kota metropolitan penuh gedung pencakar langit itu salah besar. yang begituan adanya di Rotterdam. banyak articial lake di Utrecht (harusnya kota lain juga, Belanda gitu huehehee).

selain itu, pengendara sepeda dimanjaaa banget di Belanda. kemarin pas lewat Utrecht Central, gileee parkiran sepedanya bo' uda bertumpuk-tumpuk kaya mau ngirim motor hha. ada rambu-rambunya sendiri untuk pesepeda. daaaan, di sini orang ga kenal pun saling nyapa. kalo di Indonesia, siapa elo pasti hha.

kemarin saya diantar jalan-jalan sama landlordku, namanya Mas Arga. ditunjukin tempat-tempat kalo beli macem-macem. yang paling syurga buat aku adalah IKEA. asli yaaa, di sana pengen beli-beli karena harga barangnya murah-murah dan bagus-bagus. aaaaaaakkk. maaf ga menyertakan foto di IKEA, besok kalo ke sana aku foto-foto deh designnya. sementara foto bookletnya aja yah hueheheee.


IKEA ini deket-deket sama Utecht Centrum kayanya hha. kalo aku tinggalnya di Oendip. nah, kalo mau ontbijt (sarapan) murah, ada nih di IKEA. 1 bisa dapet croissant, bread, cheese, egg, jams, sama minum (bisa pilih teh atau kopi). minumnya pun mau nambah 100 kali juga boleh huahahaa. gretong cyiiins. tempat makan IKEA pun oke bangets, naksir dah pokoknyaa.


pas lagi makan nih, dikasih tau sama Mas Arga, katanya kalo makan kita tiba-tiba kentut atau srot srot ingus, itu dianggap biasa sama mereka. tapi kalo sendawa, bakal dimarahi. jadi kalo keceplosan sendawa sebaiknya langsung minta maaf.

habis dari IKEA, kami ke Overvecht Centrum. di sini semacam pusat perbelanjaan gitu, ada macam-macam toko. ada toko namanya Action, yang katanya kebanyakan student beli-beli barang di situ. emang murah banget bo' di sana. aku beli thermo shirt, thermo pants, thermo legging. semuanya di bawah 4 dong hha. untung kemarin ga beli di Indonesia. karena berdasarkan info dari Mbak Cici, ga usah lah bawa banyak barang dari Indonesia apalagi jaket coat daleman thermal. karena di Belanda harga murah dan kualitas lebih bagus. selain itu coat biasanya dapet lungsuran alias warisan hha.



 


aku sempet belanja juga di Overvecht Centrum. mau engga mau harus bisa masak. yah gimana, aku kan ga bisa masak hhe. di Indonesia enaknya apa-apa ada, tinggal beli. di sini mah apa-apa harus bisa, mengusung tagline Belanda, you can do it yourself! untungnya Mas Arga bilang sehari dua hari makan nebeng mereka aja, selanjutnya terserah ntar masak sendiri. hueeee makasih Mas Arga dan Mbak Rosi yang uda masakin manusia yang ga bisa masak kaya aku untuk awal-awal hari.

oya, meskipun Belanda negara yang airnya berlimpah-limpah, tapi di sini air mahal bo'. makanya orang-orang sini mandi ada yang sekali dalam seminggu. beeuh aku mah ga bisa begitu. ga mandi sehari aja rasanya gimanaa gitu. air di sini, asal air dingin, bisa langsung minum dari kran. jadi kalo kehausan bisa nyalain kran di mana aja dan minum deh huehehee. katanya di Cengkareng uda ada beginian ya? tapi kemarin ga nemu ah.

sorenya, aku dijemput Mita Tata by foot hha. kita jalan ke Overvecht Centrum untuk belanja. di sini kalo malem mah aman sejahteraa. tidak perlu takut ada perampok atau geng motor kaya di Indonesia. toko-toko buka jam 10 pagi, kalo Senin ada yang buka jam 1 siang, dan tutupnya jam 6 sore.

oke, sekian dulu update dari Holland karena mau nyoba bobok dan sekarang jam 4.09 AM. ini tadi aku ga bisa tidur lagi hhu. padahal mulai bobok jam 7an malem saking capeknya. tot ziens!

2 comments:

  1. aaa tyas.. ditunggu post selanjutnya plus foto :D
    katanya disana tanahnya datar ya makanya byk sepeda?
    sehat sehat yaaa :*

    ReplyDelete
  2. wihiiii mbak tyaaaaas. asik banget. jadi pengen sekolah di kedokteran hewannya utrecht haha :D :D :D

    ReplyDelete