Sunday, 27 April 2014

The First Koningsdag

09:03 Posted by tyas wirani No comments
saya beruntung banget tahun ini bisa ke Belanda. kenapa? karena tahun ini adalah the first celebration of The King's Day (Koningsdag in Dutch)! mulai tahun lalu, sekitar bulan April 2013, Ratu Beatrix melepas tahtanya sebagai ratu dan menyerahkan kepada (saat itu masih) Pangeran Willem-Alexander. nah sebenernya nih ya, ulangtahun Raja Willem-Alexander jatuh pada tanggal 27 April. tapi karena 27 April itu hari Minggu, jadi perayaannya dimajukan tanggal 26 April.

rangkaian acara Koningsdag udah mulai sejak tanggal 25 April jam 18.00. orang-orang pada ke square deket centraal pake atribut oranye. saya dan teman-teman mulai jalan jam 19.00, sepeda kami parkir di depan gedung GG&GD Utrecht. agak susah cari parkir soalnya uda banyak orang datang.

naik perahu pribadi 

canoe dan beberapa perahu disewakan

pada rangkaian acara Koningsdag, biasanya orang-orang pada keluar untuk jualan. vrijmarkt macam sunmor gitu kalo di Jogja, tapi kebanyakan yang dijual adalah barang bekas. harga mulai ¢50 bahkan ada juga loh yang gratis, tapi saya engga sempet motret saking penuhnya.




 bahkan mainan begini menghasilkan duit :|



kalo di  Indonesia biasanya ada dangdutan di pasar malem, kalo di sini panggungnya buat DJ, rap battle, dan band. di Neude Square ada panggung khusus untuk band gitu. panggungnya lumayan gede. trus masuk-masuk ke daerah Neude ada panggung kecil buat ngerap dan band. nah yang paling seru menurut saya adalah panggung di daerah Janskerkhof. kenapa? karena ada dua panggung yang saling membelakangi. keduanya menyajikan musik trance, electronic, you name it!




saya pulang pukul 21.00 tapi balik lagi ke sana dengan landlord dan teman kos saya sampai jam 23.30. panggung di Janskerkhof menurut saya yang paling meriah karena lightingnya maksimal banget. crowdnya makin penuh, makin banyak yang mabuk, dan bau ganja dimana-mana.

esok harinya, saya dan teman-teman ke Neude lagi pukul 11.00. kami jalan-jalan lagi dan kebanyakan nongkrong di Janskerkhof soalnya seruuuu banget huehehee. maklum, pada stres dan fed up sama assignment. di hari ke-dua ini menurut saya engga jauh beda sama hari pertama. party for two days in a row, I could not have had some fun! :)

 selain pake perahu. mobil, dan sepeda, polisi juga patroli pake kuda

it's nice to see that people really had their fun :)

0 comments:

Post a Comment